Kamis, 23 April 2015

UJIAN NASIONAL SMA MANBA'UL ULUM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  1. Peserta Ujian Nasional SMA Manba'ul Ulum Asshiddiqiyah Kota Tangerang Tahun Pelajaran 2014/2015
  2. Cover Panduan Pengawas
  3. Denah Lokasi
  4. Denah Ruang UN
  5. Tata Tertib Pengawas Ruang dan Peserta UN
  6. Jadwal UN
  7. Jadwal Pengawas UN

PANDUAN PENULISAN MAKALAH SMA MANBA'UL ULUM ASSHIDDIQIYAH KOTA TANGERANG

PEDOMAN

PENULISAN MAKALAH

KELAS XII SMA MANBA’UL ULUM ASSHIDDIQIYAH

KOTA TANGERANG









Jl. Garuda No 32 Batujaya Timur Batuceper Tangerang
Telp. (021) 5512708-09 Fax. (021) 55770187










HANTARAN

Dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan kemampuan menganalisis yang selanjutnya akan dituangkan ke dalam sebuah Makalah siswa SMA Manba’ul Ulum Asshiddiqiyah Kota Tangerang, maka perlu dikembangkan suatu sistem penilaian yang komprehensif.

 Oleh karena itu setiap siswa yang akan menyelesaikan pendidikannya di tingkat SMA kelas XII diwajibkan membuat sebuah Makalah (academic paper) singkat yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris di bawah arahan dan petunjuk para pembimbing. Hasil karya yang sudah disusun untuk selanjutnya harus dipertahankan di hadapan tim penguji yang meliputi Content (Isi) maupun Grammar (Tata Bahasa).
Menulis Makalah itu sesungguhnya tidak sulit, asal kita punya minat dan niat yang kuat untuk kemudian dituangkan dalam bentuk Makalah.
Makalah secara mudah dapat dipahami adalah tulisan yang mengandung persyaratan tertentu. Ciri dari makalah itu ialah; rasional, berdasarkan data, bisa diuji dan dibuktikan kebenarannya secara empiris. Hasil dari penelitian tersebut kemudian ditulis dalam satu tulisan yang sistematis dan konsisten dari bab awal hingga bab akhir.
Pertama, yang perlu dilakukan sebelum menulis adalah tentukan terlebih dahulu permasalahan yang akan diteliti berdasarkan minat dan kecenderungan penyusun. Jangan sekali-kali menulis apa yang tidak berdasarkan minat, karena dalam proses penyusunannya akan muncul rasa ketidaknyamanan maupun rendahnya kepuasan terhadap hasil tulisan.
Permasalahan itu muncul ketika penyusun menjumpai antara teori dengan praktiknya tidak bersesuaian, atau ada hal-hal yang ideal tidak sesuai dengan realitanya, atau hal-hal yang seharusnya terjadi seperti yang kita pikirkan dan kita harapkan tetapi tidak terjadi seperti yang seharusnya. Permasalahan inilah yang ditulis menjadi Latar Belakang, dan ini memang sesuatu yang penting yang layak ditulis karena adanya beberapa alasan yang menguatkan.
Kedua, Fokuskan masalah tadi menjadi sesuatu yang spesifik atau terbatasi dalam satu atau dua aspek saja, agar penelitian tidak melebar kemana-mana, sehingga tidak fokus.
Ketiga, masalah yang telah menjadi fokus perhatian tadi, atau yang telah dibatasi tadi, kemudian dirumuskan dalam pertanyaan pokok, yang menjadi konsentrasi untuk dicari jawabannya melalui penelitian dengan penggalian data.
Keempat, cari jawabannya melalui pencarian data di lapangan dengan mengacu pada teori-teori yang relevan. Teori-teori bidang kajian penelitian, baik yang menyangkut masalah sosial, ekonomi, budaya, ilmu alam, agama, dan lain-lain, biasanya sudah tertulis dalam buku-buku atau internet. Pencarian data di lapangan yang telah dipandu oleh teori tadi, dapat diperoleh melalui pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi, (dalam penelitian kuantitatif biasanya menggunakan angket).
Kelima, data yang telah diperoleh di lapangan tadi, kemudian dikumpulkan dan dikelompokkan, setelah itu uji keabsahannya melalui cross-check, antara hasil pengamatan dengan hasil wawancara, kemudian cocokkan dengan data yang didokumentasikan, demikian berulang-ulang, bolak-balik, sehingga yakin telah menemukan sesuatu yang dicari.
             Keenam, mulailah sesuai dengan sistematika penulisan yang telah dibuat.      
     

PENGUMPULAN BAHAN

Sebelum Makalah ditulis, siswa sudah harus terlebih dahulu mengumpulkan bahan-bahan yang sesuai dengan tema yang hendak ditulis. Bahan tulisan tersebut bisa didapatkan dari : Penelitian, studi pustaka, penelitian lapangan, penelitian laboratorium, atau perpaduan kedua atau ketiga jenis penelitian tersebut.

1. Penelitian Lapangan (Observasi)
    Bagi siswa yang menggunakan penelitian lapangan, obyek penelitian harus sudah ditentukan sebelumnya.
   Penelitian lapangan bisa dilakukan seperti : kunjungan ke sekolah, pesantren, organisasi, instansi pemerintah, perusahaan, toko, dan lain-lain. Obyek penelitian antara lain meliputi : 
Sejarah singkat berdirinya
Kegiatan/aktifitas
Kelengkapan sarana prasarana
Struktur organisasi
Porsonalia : pemimpin, karyawan, guru, tenaga ahli, dan lain-lain
Produksi ; bahan produksi, proses produksi, jumlah produksi (untuk perusahaan)
Pemasaran ; daerah, advertensi (untuk perusahaan)
Aset awal dan aset terakhir, dll.

2. Studi Kepustakaan
Adalah mencari data atau informasi yang dikumpulkan dari berbagai macam sumber media cetak dan elektronik antara lain: buku-buku sumber, majalah, koran, dokumen lain yang relevan.
3. Penelitian laboratorium
Dalam penelitian ini yang harus dipersiapkan antara lain: bahan, peralatan dan perlengkapan penelitian, buku-buku sumber, hal lain yang relevan, sebagai hasil uji coba atau penerapan teori ilmiah.

4. Sistematika Penulisan

Yang dimaksud dengan sistematika penulisan adalah cara menempatkan unsur unsur permasalahan dan urutannya sehingga menjadi kesatuan karya semi ilmiah yang tersusun secara sistematis dan logis sesuai dengan sumber yang valid dan akurat.
Adapun rincian dan urutan karya tulis yang lengkap adalah sebagai berikut :

1)     Bagian Awal, tediri dari :
a.     Halaman Judul
b.     Halaman Persetujuan Pembimbing
c.     Halaman Pengesahan (Lembar Ujian)
d.     Halaman Motto (kalau ada)
e.     Kata Pengantar dan ucapan terimakasih
f.      Daftar Isi
2)     Bagian Tengah atau Induk atau Isi, terdiri dari
 BAB I.      PENDAHULUAN
A.         Latar Belakang     
B.         Identifikasi Objek Penelitian
C.         Fokus Penelitian
D.         Perumusan Masalah             
E.         Tujuan
F.           Signifikansi Penelitian

BAB II.      LANDASAN TEORI dan METODE PENELITIAN
A.         Metode dan Alasan Pemakaian             
B.         Tempat dan Waktu Penelitian                               
C.         Instrumen Penelitian            
D.         Sampel Sumber Data            
E.         Teknik Pengumpulan Data

BAB  III.  HASIL PENELITIAN
A.         Gambaran Umum Lokasi Penelitian     
1.        Letak Geografi
2.        Brief History (Sejarah Singkat)
3.        Struktur Organisasi
4.        Aktifitas
(jika penelitian anda penelitian experiment, cukup dituliskan letak geografi daerah dimana anda melakukan penelitian, baik juga dideskripsikan kondisi sosial budaya, ekonomi, pendidikan, keagamaan, atau sesuatu yang menurut anda relevan dengan object peneitian anda) 
B.         ………………………………………     
C.         ………………………………………
D.         ………………………………………

Bab IV.    PENUTUP
A.         Simpulan
B.         Rekomendasi/Saran

3)     Bagian Akhir, terdiri dari :
                   i.         Daftar Pustaka
                  ii.         Lampiran – lampiran data pendukung :
- Identitas Lokasi Penelitian (untuk studi lapangan)
·          Nama Sekolah/Perusahan
·          Alamat
·          Nama Pemimpin/Direktur
·          Nama Responden yang diwawancarai
·          dan lain-lain yang relevan
·          Dokumentasi berupa foto-foto
                 iii.         Glosarium/Vocabulary
                 iv.        Biodata Penulis





















PENJELASAN

.
1.        Judul/Title
Judul Makalah hendaknya singkat dan padat tetapi cukup jelas menggambarkan obyek, ruang lingkup dan/atau variabel-variabel yang akan diteliti. Pembatasan secara rinci dicantumkan dalam uraian tentang pernbatasan dan/atau perumusan masalah. Contoh rumusan judul penelitian/karya tulis : Pentingnya Kegiatan Ekstrakurikuler bagi Pengembangan Bakat dan Kreatifitas Siswa SMA Asshiddiqiyah

2.        Latar Belakang (Background)
Tulis hal-hal yang menurut pemikiran anda ada ketimpangan atau kesenjangan antara hal yang seharusnya dengan kenyataan yang tidak ideal. Dan beri alasan kenapa anda menulis hal tersebut. Dalam hal ini perlu dijelaskan tentang pentingnya judul yang akan diteliti baik dari segi historis, ekonomi, politis, pendidikan, hukum, dakwah, maupun lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut maka dalam kolom ini penulis perlu menyajikan banyak referensi yang relevan untuk memperkuat dasar pemikiran terhadap pemilihan judul dan pokok permasalahan. Pada akhir alinea dalam kolom ini perlu ada penegasan dari penulis bahwa penelitian yang akan dilakukan memang layak berdasarkan beberapa alasan yang telah dikemukakan.
       
3.        Identifikasi Objek Penelitian
Tulis item-item yang akan anda teliti dan beri definisi atau penjelasan tentang hal itu. Dalam konteks ini penting dijelaskan berbagai kemungkinan permasalahan yang muncul darl judul karya tulis dengan meninjaunya dari berbagai perspektif, sehingga diketahui bahwa judul karya tulis yang akan dibahas banyak permasalahan yang bisa muncul karena berbagai tinjauan
       
4.        Fokus Penelitian (pembatasan masalah) dan Perumusan Masalah
Fokus penelitian ini menjadi satu batasan masalah yang akan anda teliti agar tidak melebar kemana-mana, kemudian rumuskan dalam kalimat pertanyaan pokok, bisa ditunjang dengan kalimat-kalimat pertanyaan pendukung (main question dan sub-question).
Penelitian yang akan dilakukan hendaknya tidak membahas semua kemungkinan masalah yang muncul atau ditemukan dalam identifikasi. Oleh sebab itu perlu dipilih permasalahan yang paling mungkin, urgen, dan/atau layak. Masalah yang akan diteliti dapat dibatasi dari segi waktu (periodisasi), ruang (lokasi geografis), obyek, tema atau lainnya. Permasalahan tersebut boleh jadi sudah pernah dibahas, tetapi berdasarkan suatu alasan peneliti perlu menguji kembali kebenaran atau memperkuat/membantah/meruntuhkan hasil penelitian yang telah ada. Pemilihan terhadap masalah ini perlu diberikan alasan yang cukup dan rasional.
Setelah permasalahan dibatasi, peneliti harus merumuskan lebih konkret permasalahan yang hendak dijawab pada kesimpulan karya tulis. Rumusan konkret permasalahan yang akan dijawab ini dicantumkan dalam perumusan masalah. Masalah dapat dirumuskan dengan kalimat tanya atau pernyataan. Contoh rumusan masalah berupa kalimat tanya: Apakah kegiatan ekstrakurikuler di SMA Asshiddiqiyah dapat menumbuhkembangkan kreativitas dan bakat siswa?

5.        Tujuan, Signifikansi, dan Manfaat Penelitian
Tujuan  utama dari penelitian adalah  mengetahui sesuatu atau membuktikan sesuatu.  Tujuan penelitian terbagi dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus, tetapi secara eksplisit tidak harus disebutkan keduanya.
Kata-kata operasional yang dapat digunakan antara lain; mengetahui, menjelaskan, mengelaborasi, mengungkapkan, membuktikan, mencari hubungan/perbendaan antara, merumuskan konsep, menilai, dan sebagainya. Contoh : penelitian ini bertujuan untuk membangun konsep tentang hubungan guru dan murid di lingkungan SMA Asshiddiqiyah menurut pemikiran al-Zarnuji yang dipahami dari kitab Ta’limul Muta’allim sedangkan signifikansinya adalah rekomendasi atau saran-saran untuk perbaikan terhadap hal yang kita teliti, adapun manfaat dari penelitian ini bisa berupa manfaat internal sebagai sumbangan terhadap pengembangan pengetahuan, bagi institusi atau tempat penelitian, dan secara eksternal berupa manfaat bagi orang lain yang membutuhkan informasi atau pengetahuan dari hasil penelitian kita.    
       
6.        Landasan teori atau kajian pustaka
Tulislah teori-teori yang anda ambil dari buku atau internet, teori ini berupa pengetahuan yang telah umum dan dibahas oleh komunitas akademisi. Teori yang anda ambil harus sesuai dengan hal-hal atau kajian yang hendak anda teliti, karena hasil penelitian nanti harus membuktikan, atau membantah, atau menguatkan, atau menyanggah, atau memberi catatan-catatan dari teori yang kita ambil dan kita pergunakan sebagai landasan penelitian.    

7.        Metode dan Alasan Pemakaian
Penelitian dalam academic paper ini dianjurkan penelitian kualitatif berupa studi lapangan (field research) dan penelitian eksperimen, atau percobaan-percobaan untuk membuktikan sesuatu.
Terlebih dahlu, tentukan jenis penelitian anda apakah studi lapangan berusaha mengetahui proses, teknis, mekanisme, upaya, sistem, dan lain-lain atau anda akan melakukan serangkaian uji coba sesuatu dan ingin mengetahui hasil dari gejala atau tahapan-tahapannya. Hasil dari semua itu kemudian dideskripsikan. 

Dalam konteks ini dijelaskan secara rinci langkah-langkah yang akan ditempuh, seperti
1. Jika berupa Studi Pustaka, maka metode penelitian adalah  
1)     Sumber Data Judul Buku/Referensi
2)     Analisis Data (dipaparkan fungsi/peran/upaya,  problematika dan solusinya
        2. Jika berupa penelitian lapangan, maka penelitian dilakukan dengan mempersiapkan dan melaksanakan :
3)     Populasi dan Sampel
4)     Teknik pengambilan data
·          Observasi
·          Dokumentasi
·          Wawancara
·          Angket/Tes, dll.
5)     Analisis Data

3. Jika penelitian laboratorium, maka metode penelitian adalah : observasi, percobaan, alat yang digunakan, langkaj-langkah penelitian, analisis, dan hasil penelitian.

8.        Instrumen Penelitian
Setelah menentukan jenis penelitiannya, tentukan instrumennya. Instrumen pokok penelitian kualitatif dan eksperimen adalah peneliti itu sendiri, karena dia sebagai pelaku, dan instrumen sekundernya adalah mereka yang terkait atau yang memiliki hubungan paling dominan dengan penelitian anda.
       
9.        Sampel Sumber Data
Karena anda akan mengambil data di lapangan, maka tentukan siapa yang akan menjadi narasumber, atau informan yang anda yakini bahwa anda akan memperoleh data darinya. Mereka itulah yang menjadi sampel sumber data. Tentunya sebelum anda berhubungan dengan nara sumber data anda, anda telah menyiapkan pertanyaan-pertanyan penelitian yang anda harapkan akan memperoleh jawaban darinya. Akan baik jika anda menjelaskan alasan mengapa anda memilih dia.             
10.     Teknik Pengumpulan Data              
Data bisa anda kumpulkan melalui minimal tiga sumber, yaitu observasi atau pengamatan terhadap objek penelitian, kemudian wawancara kepada pelaku, dan dari dokumentasi. Dokumentasi bisa berupa papan data, agenda kerha, catatan-catatan yang dihimpun oleh pelaku atau objek penelitian anda. 

11.     Teknik Analisa Data       
Data yang telah anda kumpulkan, kemudian anda kelompokkan, data yang tidak berhubungan anda reduksi terlebih dahuku, kemudian fokuskan data yang tersisa sesuai dengan objek yang anda teliti, terakhir anda display dan lalukan verivikasi.
12.     Pengujian Keabsahan Data              
Agar data itu valid, maka anda lakukan cross check berputar, yang disebut trianggulasi, yaitu hasil pengamatan anda cocokkan dengan hasil wawancaran, jika tidak sama cari penyebabnya kenapa tidak sama, selanjutnya cocokkan dengan data yang anda peroleh dari dokumentasi. Jika anda menemukan ketidakcocokan antara hasil pengamatan dengan wawancara, atau antara wawancara dengan dokumentasi, atau antara hasil observasi dengan dokumentasi, maka lakukan cross check berulangkali kenapa tidak sama, cari penyebabnya, sehingga data tersebut jenuh. Maka itulah yang disebut hasil penelitian.
 
13.     Hasil penelitian
Hasil penelitian anda tuliskan berupa narasi dalam bentuk deskripsi dengan menampilkan data yang telah anda peroleh, dan anda memberi komentar atau pendapat anda terhadap data tersebut. Anda harus kritis mengomentari atau memberi pendapat terhadap data tersebut, atau lazim disebut analisis.

14.     Penutup
Dalam mengambil simpulan, urutkan berupa jawaban dari pertanyaan pokok, kemudian jawaban dari pertanyaan pendukung atau sub-queation, setelah itu beri saran atau rekomendasi.  

Pedoman Teknis Penulisan

1. Cara Penulisan

 1.     Makalh ditulis menggunakan kertas A4 dengan berat 80 gram
2.     Margin penulisan :
- Jarak dari tepi kiri                                4 cm
- Jarak dari sisi atas                              4 cm
- Jarak dari tepi kanan                          3 cm
- Jarak dari sisi bawah                          3 cm
3.     Tulisan diketik rapi dengan spasi ganda ( double )
4.     Font tulisan menggunakan jenis huruf  Times New Roman ukuran 12 yang diketik satu muka (tidak boleh bolak-balik)
5.     Pada bagian awal diberi nomor halaman dengan angka Romawi kecil (i, ii, iii, iv, ....... dst.) karya tulis yang terdiri dari :
1. Halaman Sampul ................................................  i
2.  Halaman Judul .................................................... ii
3.  Halaman Persetujuan Pembimbing ...................  iii
4.  Halaman Pengesahan (Lembar Ujian) ............... iv
5.  Halaman Motto (bila ada) .................................... v
6.  Kata Pengantar .................................................. vi
7.  Daftar Isi ............................................................ vii
6.     Pada bagian tengah dan akhir, yang terdiri dari isi atau induk karya tulis diberi nomor halaman dengan angka Arab (1, 2, 3, ...dst.)
7.     Judul ditulis dengan hurus besar, ditebalkan dan diatur sedemikian rupa hingga letaknya simetris dan indah.
8.     Catatan kaki atau footnote (terdapat di insert), ditulis : Nama Pengarang (tanpa menyebutkan gelar), Judul Buku, Kota Penerbit, Nama Penerbit, Tahun terbitan, Cetakan, halaman. Contoh :
[1] Setyorini, , Remaja dan Problematika, (Solo : CV. Syaikhuna, 2008), Cet. Ke-4, h. 15.
² Erlan, Perjuangan dan Do’a, (Jakarta : Tiga Raksa, 2001), Cet. Ke-8, h. 10
9.     Daftar Pustaka.
 Dalam bagian ini dicantumkan bahan-bahan bacaan atau yang dijadikan sumber dalam penyusunan karya tulis dan dapat ditambahkan dengan bacaan lain yang diperkirakan relevan dengan bahan penulisan karya tulis penelitian yang dilakukan. Daftar Pustaka ditulis : Nama Pengarang, Gelar, Judul Buku, Kota Penerbit, Nama Penerbit, Tahun Terbit.
Contoh   :
Akbar, Ali, DR, Ir. Islam di Persimpangan Jalan, Antara Idea dan Realita, (Jakarta : Gita Rohani, 1998)

Samudra, Imam, S.Pd. Persaksian Tuhan, (Bandung : Bahana Raya, 2001)
        
Sudjana, Nana. Pengantar Statistika Dasar untuk Pemula ( Tingkat Diploma dan Strata ).  ( Bandung : Tarsito, 1999).

2.     Waktu Penulisan

Setiap siswa akan diberikan waktu selama 2 s/d 3 bulan untuk menyelesaikan karya tulisnya dari bulan Agustus 2011 s/d Oktober 2011.

3.     Pembimbing dan Bimbingan

Setiap siswa akan dibimbing oleh seorang guru atau instruktur yang ditetapkan berdasarkan surat keputusan.
Setiap siswa harus berkonsultasi kepada pembimbing sampai penyusunan karya tulis selesai. Selama bimbingan diperkenankan menggunakan tulisan tangan.
Pembimbing terdiri dari :
A.     Pembimbing Proposal, membimbing :
·          Arahan tulisan / alur tulisan / materi utama
·          Bahasa yang dipakai
B.     Pembimbing Materi, membimbing :
·          Teknis penulisan
·          Materi tulisan
·          Membantu menyempurnakan pembimbing 1.
C.     Pembimbing Bahasa Inggris, mermbimbing :
·          Kesalahan spelling
·          Pemilihan vocabularies
·          Penggunaan gramatika


4.     Ujian dan Penguji

Jadwal ujian akan disampaikan menyusul. Setiap peserta akan diuji oleh tim penguji yang terdiri dari 2 orang dengan waktu masing-masing 30 – 60 menit.
Penguji 1 menguji         : materi karya tulis
Penguji 2 menguji         : gramatika dan vocabulary

5.     Administrasi

Setelah penyusunan selesai dan mendapat persetujuan  pembimbing, maka harus diketik rapi dan diperbanyak sebanyak 5 rangkap dengan ketentuan sebagai berikut :
A.     1 eks. untuk pembimbing,
B.     1 eks. untuk penguji 1,
C.     1 eks. untuk penguji 2,
D.     1 eks. untuk arsip sekolah,
E.     1 eks. untuk siswa yang bersangkutan.

Karya tulis yang akan diujikan harus sudah didaftarkan kepada panitia penguji paling lambat satu minggu sebelum ujian dilaksanakan. Dan sebelum didaftarkan kepada panitia ujian kelima eksemplar karya tulis tersebut sudah harus ditandatangani oleh :
1.     Pembimbing 1, dan pembimbing 2  
2.     Kepala sekolah

Hasil Makalah yang sudah diujikan harus ditandatangani oleh tim penguji, dan diberikan nilai yudisium dengan rentang nilai                   
A =      80.5 – 100
B =      70.5 – 80.49
C =      50.5 – 70.49
D =      < 50.49
    ( Siswa yang mendapat nilai D harus memperbaiki karya tulis yang telah disusun untuk kemudian diujikan kembali.)

 

KOSA KATA YANG UMUM DIPAKAI DALAM KARYA TULIS


Daftar Isi                                   : Table of Contens
Daftar Pustaka                          : Bibliography
Daftar Singkatan                       : List of Abbreviations
Ucapan Terimakasih                  : Acknowledgements
Halaman Pengesahan               : The Approval of Examination Committee
Halaman Persetujuan                : The Approval of Advisors Committee
Halaman Sampul                       : Cover
Hasil Penelitian/Data Temuan     : Data Finding
Identifikasi Masalah                  : Problems Identification
Jadual                                       : Schedule
Judul                                         : Titel
Kertas                                      : Paper
Kesimpulan                              : Conclusions
Lambang                                   : Symbol
Lampiran                                   : Appendix
Latar Belakang masalah           : Background
Manfaat/Signifikansi                 : Significance
Metodologi                                 : Methodology
Pembahasan/Hasil Penelitian     : Description and Analyzation
Pembatasan Masalah                : Problems Limitation
Pembimbing                               : Advisor
Pendahuluan                              : Introduction
Pengetikan                                 : Typing
Penilaian Ujian                            : The Grade of Exam
Penjilidan                                   : Binding
Penomoran Halaman                   : Numbering
Penutup                                     : Closing
Perbaikan                                  : Revision
Permasalahan                            : Problems
Perumusan Masalah                    : Problems Statement
Rangkuman/Uraian Singkat          : Abstraction
Riwayat Hidup/Biodata               : Biography
Saran-saran                               : Sugestions
Susunan Tulisan                         : Outlines
Telaah Kepustakaan                    : Previous Studies
Tim Penguji                                  : The Examiners
Tujuan                                       : Purpose